Peningkatan Taman Kota Butuh Rp 1 M

PEMALANG, SATELITPOST – Kabupaten Pemalang mendapatkan alokasi dana sebesar Rp 1 miliar dari APBN 2014 untuk peningkatan sarana dan prasarana taman kota dalam Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH). Di seluruh Jawa Tengah, selain Kabupaten Pemalang, ada satu lagi daerah yang juga mendapatan dana Rp 1 miliar yaitu Banyumas.

Demikian disampaikan Ketua Forum Komunitas Hijau Pemalang Dimas Eko Prasetyo kepada SatelitPost, usai mengikuti rapat Tim Swakelola di Dinas Pekerjaan Umum, Jumat (2/5) pagi kemarin.

“Kalau sebelumnya P2KH ditangani oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), bulan ini digeser pengelolaan ke DPU, karena ruang lingkup pekerjaannya sudah ke fisik,” kata Dimas.

Dijelaskan lebih jauh, berarti sejak 2012 hingga Mei 2014, P2KH ditangani oleh Bappeda Pemalang, sampai dengan dibangunnya Taman Kota Patih Sampun Pemalang di sebelah selatan SMAN 1 di Jalan Gatot Subroto.

“Saat ini areal taman kota yang sudah dibangun mencapai 3.000 meter persegi. Dana Rp 1 miliar ini, diharapkan akan melanjutkan pembangunan sampai 5.000 meter persegi dan juga melengkapi sarana prasarana taman kota sehingga bisa digunakan,” katanya.

Untuk lebih menguatkan program ini, Dimas menuturkan, dia bersama dua orang dari tim Swakelola, juga akan mengikuti kegiatan pembinaan dan pendampingan (Lokalatih) Forum Komunitas Hijau (FKH) untuk lebih memperkuat peran komunitas hijau sebagai salah satu atribut kota hijau yang esensial.

“Acaranya dari tanggal 9 sampai dengan 11 Mei ini. Acaranya di Kementerian Pekerjaan Umum Jakarta, bersama daerah lain di Indonesia.”

Dijelaskan Dimas, dengan anggaran 1 miliar rupiah ini, nantinya taman kota yang diharapkan telah dilengkapi berbagai sarana dan prasarana bisa dimanfaatkan seluruh komunitas dan masyarakat untuk berbagai kegiatan positif. (Tri Atmodjo)

http://satelitpost.co/2014/05/03/peningkatan-taman-kota-butuh-rp-1-m/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *