Aksi Penyelamatan Bukit Sepuluh Ribu (Ten Tousand Hills Of Tasikmalaya)

Praktek galian pasir di perbukitan sepuluh ribu (Ten Tousand Hills Of Tasikmalaya) akhirnya di hentikan secara paksa oleh gabungan petugas dari POLRES Kabupaten Tasikmalaya, Poll PP, DISTAMBEN, Babinsa, dan pemerintan setempat yang diwakili langsung oleh pak Kades cintaraja langsung, setelah masyarakat dan KPLC (Komunitas Pecinta Lingkungan Cintaraja) beserta FKH (forum Komunitas Hijau) Kabupaten Tasikmalaya melayangkan surat peringatan kepada para pengusaha galian C yang ada di Desa cintaraja kabupaten Tasikmalaya untuk segera menghentikan praktek penambangan yang semuanya ilegal/takberijin.

DSC0004-300x199

Dikompirmasi tentang legalitas perijinan kepada seluruh dinas terkait termasuk pemerintah setempat, ternyata proses perijinan itu tidak ada. Pak Atep dari DISTAMBEN membenarkan bahwa data perijinan penambangan yang terjadi dari tahun 2011 sampai sekarang semuanya itu belum mengantongi ijin dikarenakan banyak hal yang harus di pertimbangkan sehingga menjadi layak untuk diterbitkan. Kalaupun pengusaha itu mengantongi ijin, itu ijin yang tahun 2010 dan itu hanya untuk daerah cikunir bukan untuk di lokasi cintaraja yang sekarang terjadi tuturnya. Selain itu juga Pak Atep menjelaskan bahwa, aturan pemberian ijin untuk pertambangan baru bisa di keluarkan apabila tataruang suatu daerah sudah disahkan. Sementara terkait tataruang Kabupaten Tasikmalaya samapai sekarang belum di sahkan.

Ketua KPLC sekaligus sebagai anggota FKH, Irman Hirdasah mengatakan bahwa kami sebagai masyarakat setempat tidak rela melihat gunung-gunung kami di bongkar dan diratakan. Akibat gunung-gunung yang dibongkar habis dan rata dengan tanah maka masyarakat Desa Cintaraja Kampung kalawagar khususnya mulai kehilangan sumber mata air serta kerusakan ekosistem yang di timbulkan pasca galian yang tidak mudah untuk di perbaiki tuturnya.

Sejalan dengan itu, FKH mendukung dan menyambut baik proses penghentian penambangan pasir di lokasi bukit-bukit tersebut karena sejalan dengan program FKH Kabupaten Tasikmalaya yaitu Save Our Ten Tousand Hills Of Tasikmalaya Expedition yang salah satu lokasinya tepat di pertambangan pasir yang hari kemarin di hentikan secara paksa itu. Ketua FKH Kabupaten Tasikmalaya Pepi Perdiansyah menambahkan dan menegaskan bahwa dari jaman dahulu Tasikmalaya itu sudah dikenal di dunia internasional dengan sebutan Ten Tousand Hills Of tasikmalaya, kalau peraktek itu tidak dihentikan maka sejarah dan nama itupun akan hilang tinggal dongeng.

 

sumber : http://fkhkabtasik.com/aksi-penyelamatan-bukit-sepuluh-ribu-ten-tousand-hills-tasikmalaya/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *