Blogger Banyumas di Bersih Sungai Kranji Purwokerto

Purwokerto (21/4). Dalam rangka memperingati Hari Bumi yang diperingati setiap tanggal 22 April, sejumlah komunitas yang tergabung dalam Komunitas Hijau Banyumas menyelenggarakan kegiatan Bersih Sungai Kranji. Aksi ini dimulai sejak pukul 06.00 WIB di bendungan sungai Kranji yang berada di sebelah selatan SMP Negeri 1 Purwokerto. Selain Blogger Banyumas, kegiatan bersih sungai ini diikuti oleh jajaran Pemkab Banyumas, Kodim 0701 Banyumas, Gerakan Desa Membangun, Komunitas Foto, dan beberapa komunitas pecinta lingkungan di Banyumas.

Puluhan relawan, tua-muda, pria-wanita memulai kegiatan dengan tagar twitter #bersihKranji, ketika aliran sungai sudah disurutkan dengan menutup pintu bendungan Kranji.

Sungai Kranji membelah kota Purwokerto. Bahkan bendungan Kranji terletak di jalan protokol Purwokerto, Jalan Sudirman. Maka, menurut Yudhi Hariyawan, pegiat Biodiversity Society, setiap harinya hampir 2 ton sampah dibuang ke sungai Kranji dan biasanya menumpuk di bendungan Kranji.

Sehingga, selain untuk membersihkan sampah, Bersih Sungai Kranji ini bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai. Karena sebetulnya, sungai-sungai di kawasan Banyumas adalah sungai-sungai yang masih asri dan segar. Sangat disayangkan kalau dikotori dengan sampah.

Acara bersih sungai di kawasan Purwokerto, rutin diadakan oleh Komunitas Hijau Banyumas. Biasanya bertepatan dengan hari-hari lingkungan hidup. Setiap kegiatan bersih sungai selalu diikuti dengan antusias oleh berbagai elemen masyarakat Banyumas.

Ini yang menjadikan Banyumas menarik.

sumber : http://bloggerbanyumas.net/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *