Bekas Pasar Rejomulyo Disulap Jadi Taman

Semarang, ANTARA Jateng – Pemerintah Kota Semarang sedang merombak bekas Pasar Unggas Rejomulyo atau biasa disebut Pasar Kobong menjadi taman yang dilengkapi sarana bermain anak.

“Pembangunan fisik Taman Aktif Rejomulyo sudah mencapai sekitar 60 persen,” kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Semarang Muthohar di Semarang, Kamis.

Seluruh anggaran pembangunan taman aktif tersebut, lanjut Muthohar, berasal dari Pemerintah Pusat sebesar Rp1,5 miliar, sedangkan dari APBD Kota Semarang direncanakan dianggarkan tahun 2013.

“Pemkot Semarang akan menganggarkan pengembangan Taman Aktif Rejomulyo di tahun 2013, jadi sifatnya meneruskan dan mengembangkan,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa taman bekas pasar yang luasnya sekitar 2.500 meter persegi tersebut tidak hanya dikerjakan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan, melainkan juga oleh Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP) serta oleh Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Energi Sumber Daya Mineral (PSDA ESDM).

DTKP terlibat karena ada rencana pembangunan Gedung Dekranasda dan Kantor Kelurahan. Sementara Dinas PSDA dan ESDM terkait dengan drainase taman.

Taman Aktif Rejomulyo akan dilengkapi sarana bermain anak, jogging track, fasilitas kebersihan, dan tempat kuliner, sehingga dapat menjadi ruang publik.

Pembangunan Taman Aktif Rejomulyo tersebut diharapkan dapat menambah luasan area ruang terbuka hijau di Kota Semarang.

Pemenuhan ruang terbuka hijau (RTH) sesuai Permen PU Nomor 8 tahun 2008 minimal 30 persen dari luas wilayah (20 persen RTH publik dan 10 persen RTH privat). Sementara RTH Kota Semarang di tengah kota baru menyentuh 26 persen, sedangkan total RTH sudah lebih dari 30 persen.

sumber : www.antarajateng.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *