Sunday Smile; “Ririungan” Minggu pagi ala komunitas muda kota Bandung

Siapa yang tidak kenal kota Bandung,  kota yang sarat dengan bermacam pilihan lokasi belanja serta berbagai tempat untuk menikmati sajian kuliner khas ini kerap menjadi pilihan warga ibukota Jakarta untuk menghabiskan waktu libur akhir pekan.

Tetapi kota yang dikenal dengan kreatifitas para kaum muda yang dinamis ini pun tak lepas dari berbagai permasalahan yang menghimpitnya. Sebuah hutan kota yaitu hutan Babakan Siliwangi (Baksil) telah lama menjadi sorotan publik terkait rencana pemeritah kota (Pemkot) Bandung yang berniat untuk melakukan komersialisasi terhadap kawasan tersebut.

Gerakan demi gerakan diluncurkan warga kota Bandung guna mempertahankan status Baksil sebagai ruang publik, tidak ketinggalan para anak-anak kreatif kota Bandung yang terdiri dari musisi lokal, komunitas pesepeda dan komunitas lainnya secara bersama-sama menggelar sebuah kegiatan yang diberi nama Sunday Smile Picnic.

Sunday Smile Picnic adalah sebuah kegiatan yang cukup unik dan kreatif, dilaksanakan pada Minggu pagi (19/2) di hutan Babakan Siliwangi kota Bandung. Diselimuti nuansa pagi yang sejuk dan dikelilingi pepohonan rindang nan hijau serta tata panggung yang sangat membaur dengan kondisi alam sekitar, berkumpul puluhan anak muda hadir memeriahkan Sunday Smile Picnic.

 

Sunday Smile adalah sebuah acara piknik bareng yang digagas oleh anggota komunitas sepeda Bandung Cycle Chic bersama komunitas musik dari kota Bandung dengan tujuan untuk membuka wawasan anak muda di kota Bandung atas pentingnya keberadaan ruang publik Babakan Siliwangi.

Selain dikemas dalam bentuk live music, kegiatan ini juga digelar dalam bentuk piknik bersama beberapa komunitas yang ada di kota Bandung. Dipojok area juga terdapat sebuah meja yang dihuni oleh sekelompok anak muda yang sibuk menyiapkan berbagai kudapan ringan dan minuman bagi penonton yang hadir.

Gadis Prameswari Azahra selaku kordinator pelaksana kegiatan dengan penuh semangat menjelaskan bahwa acara ini awalnya dari beberapa ide bersama rekan-rekannya di komunitas sepeda Bandung Cycle Chic untuk melakukan piknik di hutan kota Babakan Siliwangi.

“Kita pilih untuk ririungan (berkumpul) hutan kota Babakan Siliwangi karena kita sangat peduli akan keberadaannya sebagai ruang publik, kita merasa bahwa dengan memperbanyak kegiatan disini bisa membuat anak muda di kota Bandung lebih menghargai dan menggunakan hutan kota ini dengan maksimal, serta tentu menjaganya agar tetap lestari” jelas Gadis.

Salah satu penyelenggara kegiatan Hendra Araji yang juga anggota kelompok musik Angsa&Serigala juga menjelaskan kepada Greeners bahwa pihaknya sangat menyambut baik ide awal pelaksanaan kegiatan ini. “Awalnya kita lagi mikir untuk membuat sebuah event untuk penampilan band kita sendiri, tapi ketika bertemu Gadis dan membahas ini kita langsung tertarik.jelasnya. Hendra juga menjelaskan betapa dirinya sangat tidak menyangka dengan kondisi alam Babakan Siliwangi yang sangat nyaman dan sejuk serta terletak di tengah kota dimana ia biasa beraktifitas sehari-hari.

Seorang penonton remaja putri Nadia memberikan respon positif atas pelaksanaan kegiatan ini. “Bener-bener ga nyangka, awalnya saya dan teman cuman ingin jalan pagi aja, tapi ternyata ada acara sekeren ini, apalagi ada snack dan minuman segar gratis” ujarnya sambil menikmati minuman yang disediakan.

 

sumber : http://www.greenersmagz.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *